Jumat, 14 November 2014

SEPUTAR SYARAF KEJEPIT - 1





SELURUH BADAN SAKIT SEMUA

Oleh  :  pak Agus Balung


Pagi itu datang seorang tamu  lelaki hampir paruh baya  dari Purwakarta,  datang kerumah dengan diantar oleh ibundanya.   Ibunya bilang putranya minta dibekam. Katanya  dada kadang sakit, napas pendek.  Setelah melalui serangkaian  bincang bincang santai namun serius, terungkaplah bahwa  keluhan  intinya  adalah hampir seluruh badan pak Beto, demikian nama beliau,  merasa gak enak, sakit semua.

Dengan kondisi  tubuh yang sedemikian itu beliau merasakan efek negative secara psikis, dan yang pasti berdampak pula pada etos kerja beliau yang ternyata seorang perancang proyek,  walau tidak sebesar proyek Hambalang,  beliau tidak sekedar perancang, namun juga sekaligus pelaksana  proyek dengan dibantu beberapa pekerja anak buahnya.
Setelah melalui proses teraphy, ternyata memang terbukti,  dimulai dari ujung kaki sampai ke leher sakit semua.  Walau hanya Cuma sekedar disentuh jari dengan sedikit tekanan saja, dibagian tubuh manapun, beliau merasa kesakitan.  Saya ulangi,  Cuma saya sentuh dengan sedikit tekanan saja. Masya Allah.
Hal ini bisa dimungkinkan karena syaraf yang ‘agak’ kusut, sehingga sirkulasi darah dalam tubuh tidak lancer. Dengan tidak lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh, maka berakibat  bagian badan  tertentu merasa pegal pegal, kadang timbul nyeri,  dan finally……badan merasa gak enak secara keseluruhan.  
Dan dititik titik  tertentu saja yang tingkat sakitnya tergolong “amat sangat” saat dilakukan teraphy,  yaitu  dibagian paha, pinggul, pinggang, belikat, bahu dan leher. Dan itu mengindikasikan dititik titik tersebut syaraf itu bermasalah.
Dari pengakuan beliau terungkap bahwa beliau saat belia hobby main bola. Nah, terjawab sudah salah satu penyebab keluhan beliau.  Dan yang pasti solusinya bukan bekam, sebagaimana yang beliau minta pada saya saat datang kerumah, dan memang tidak saya lakukan.





Tidak ada komentar: