Jumat, 07 Februari 2014

SEPUTAR SHALAWAT AL-FATIH



SEPUTAR  SHALAWAT  AL-FATIH

Oleh  :  pak Agus Balung

Begitu mulianya sosok Muhammad SAW,  sehingga Allah dan para malaikatNya-pun bershalawat  kepadanya.  Sebagaimana firman Allah dalam al Quran surah Al Ahzab : 56
Innallaha wa mala’ikatahu yusholluna ‘alan nabi, ya ayyuhalladzina amanu shollu ‘alaihi wasallimu taslima.  “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatnya bershalawat untuk nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”
Sebagaimana yang kita tahu bahwa banyak macam shalawat yang kita kenal, seperti misalnya : Shalawat Nariyah, Shalawat Munjiyat, Shalawat Badar, Shalawat Ibrahimiyah, Shalawat Fatih, Shalawat Bariyyah, dan masih banyak lagi, tercatat ada sekitar 34 macam shalawat, bahkan lebih.  Namun kali ini kita khusus ketengahkan tentang “SHALAWAT AL-FATIH’


Shalawat ini dikarang oleh :  Syech Sayyid Muhammad Syamsuddin ibn Abil Hasan al Bakri  Adapun redaksional Shalawat Al Fatih lengkapnya adalah sebagai berikut :
Allahumma shalli wasallim wabaarik ‘alaa sayyidinaa Muhammadinil faatihi limaa ughliqa, wal khaatimi limaa sabaqa wannaashiril haqqi bilhaqqi, walhaadii ilaa shiraatikal mustaqiimi, shallallaahu ‘alaihi wa ‘alaa aalihi wa ash haabihi haqqa qadrihii wamiqdaa rihil ‘adziim.
Artinya :
Ya Allah curahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang dapat membuka sesuatu yang terkunci, penutup dari semua yang terdahulu, penolong kebenaran dengan jalan yang benar, dan petunjuk kepada jalanMuyang lurus.

Sholawat al-Fatih memiliki 8 martabat keutamaan, dibawah ini hanya keutamaan pada martabat yang pertama saja, sedangkan yang lainnya dirahasiakan oleh Allah SWT, diantaranya adalah :
1. Membaca sholawat al-Fatih 1x setiap hari di jamin hidup bahagia dunia dan akhirat
2. Membaca sholawat al-Fatih 1x menghapus semua dosa
3. Membaca sholawat al-Fatih 1x menyamai pahala ibadah semua mahluk di alam semesta ini 6000x lipat
4. Membaca sholawat al-Fatih 1x menyamai pahala sholawat yang dibaca oleh seluruh mahluk dari awal di ciptakan sampai sekarang 600x lipat
5. Membaca sholawat al-Fatih 1x setiap hari, di jamin mati membawa iman ( husnul khotimah ).
6. Membaca sholawat al-Fatih 10x di malam jum’at lebih besar pahalanya dari pada ibadah seorang wali yang tidak membaca sholawat al-Fatih selama 1 juta tahun.
7. Pahala sholawat al-Fatih dapat menutupi dan mengganti kesalahan yang pernah ia lakukan terhadap orang lain, sehingga ia dapat mengganti tuntutannya di hari kiamat.
8. Membaca sholawat al-Fatih 100x di malam jum’at menghapus dosa 400 tahun.
9. Syekh Ahmad at-Tijany r.a berkata :”Keistimewaan sholawat al-Fatih sangat sulit di terima oleh akal, karena ia merupakan rahasia Allah SWT yang tersembunyi. Seandainya ada 100,000 bangsa, yang setiap bangsa itu terdiri dari 100,000 kaum, dan setiap kaum terdiri dari 100,000 orang, dan setiap orang diberi umur panjang oleh Allah SWT sampai 100,000 tahun, dan setiap orang bersholawat kepada nabi setiap hari 100,000 x, semua pahala itu belum dapat menandingi pahala membaca sholawat al-Fatih 1x. ( al-Fathur Robbany karya Sayyid Muhammad bin Abdillah as-Syafi`ie at-Thoshfaawy at-Tijany hal 99-100 )

Sebagaimana yang kita imani, selain shalawat Al Fatih tersebut, ada  satu Shalawat yang insya Allah lebih agung, lebih sempurna, shalawat yang diajarkan oleh Allah, langsung pada nabiNya saat  mi’roj, bukan lewat mimpi, diajarkan langsung oleh lisan nabi kita Muhammad SAW kepada para sahabat, juga bukan lewat mimpi, diamalkan oleh para sahabat, dan diteruskan pada generasi  ke generasi berikutnya tanpa perubahan redaksional sama sekali, shalawat itu adalah  : Shalawat Ibrahimiyah.  Shalawat ini setidaknya, minimal diamalkan oleh umat muslim 10 kali dalam sehari, yakni dalam shalat-shalatnya.

Semoga tulisan ini menambah wacana wawasan pembaca, terlepas dari yang setuju ataupun yang kontra,  semuanya terpulang pada pribadi masing masing, tanpa saling mencela dan menyalahkan pihak pihak tertentu, dan tanpa  rasa paling benar sendiri.
Insya Allah.

Wallahu a’lam bisshawab

Tidak ada komentar: