Kamis, 19 September 2013

JIN JUGA MAKMUM DIBELAKANG MANUSIA



JIN JUGA MAKMUM DIBELAKANG MANUSIA
Oleh  :  pak Agus Balung

Dalam Surat Az Zariyat : 56, Allah menginformasikan pada kita,  bahwa, tidak hanya manusia yang diwajibkan beribadah kepada Allah, Jin-pun wajib beribadah pada Allah. Sebagaimana manusia, jin juga ada yang beriman, dan ada juga yang kafir.  Dalam tulisan yang kemaren sudah kita bicarakan tentang   Rasulullah yang shalat bersama jin. Kali ini kita ketengahkan bahwa  jin juga  shalat berjamaah dibelakang  ummat Muhammad . Berikut ini kita simak  kisah tentang jin yang shalat dibelakang  anak manusia.

         Pernah suatu ketika, Shafwan bin Mahrazi Al-Mazini sedang melaksanakan shalat Tahajjud di rumahnya. Sebelum shalat, Shafwan sudah merasa ada sesuatu yang aneh di sekitarnya. Tidak seperti biasanya, malam itu ia merasakan kehadiran energi lain yang mengitari dirinya.       Berkali-kali ia mencoba untuk konsentrasi agar bisa melaksanakan shalat dengan khusyuk dan hati tenang. Tetapi, tetap saja ia merasa agak takut, tanpa sebab yang jelas. Bulu kuduknya pun ikut-ikutan merinding. Shafwan merasakan kalau ada makhluk gaib yang tengah mengawasinya. Walaupun diliputi perasaan gelisah, Shafwan tetap melaksanakan shalat Tahajjud-nya malam itu. Ia berpikir, seandainya terus-menerus mengikuti rasa gelisahnya, bisa-bisa keburu datang waktu Shubuh, sehingga nantinya ia tak dapat melaksanakan shalat Tahajjud.

         Ketika Shafwan mulai membaca ayat-ayat al-Qur’an dalam rakaat pertama, tba-tiba ia mendengar suara ribut-ribut di belakangnya. Suara itu terdengar bergemuruh dan sangat ramai seperti di pasar. Tentu saja Shafwan jadi sangat kaget. Tetapi, karena sedang shalat, keterkejutannya itu ia pendam saja. Pada rakaat kedua, kembali terjadi hal yang sama, dan begitu seterusnya. Lama-lama, Shafwan jadi sangat ketakutan. Badannya gemetar. Suaranya pun ikut tersendat-sendat.

            Mendengar suara bacaan Shafwan yang mulai tidak mulus lagi, terdengarlah suara yang mengajaknya berbicara kepada Shafwan, tanpa penampakan kasat mata. “Hai hamba Allah, janganlah engkau takut. Kami ini adalah saudara-saudaramu dari bangsa jin yang ingin ikut beribadah bersamamu,” demikian suara itu berkata kepada Shafwan.

            Setelah mendengar penjelasan tersebut, hati Shafwan jadi tenang kembali. Ia pun tetap melanjutkan shalatnya sampai shalatnya sempurna, dan tak peduli lagi dengan suara ribut yang terdengar dari belakangnya.
Demikianlah kisah jin yang shalat berjamaah bersama manusia.
Wallahu a’lam

Tidak ada komentar: