Kamis, 23 Mei 2013

SETIAP UJIAN & COBAAN.....PASTI ADA HIKMAHNYA



Oleh  :  pak Agus Balung

Kisah ini diceritakan seorang ustad pada saat kuliah Subuh. Karena kesabaranya,  sahabat ustad ini, yang seorang pengusaha, saat menghadapai ujian dalam bisnisnya, kini omsetnya mencapai 1 Milyar dalam seminggu saja.

Tema kuliah Subuh saat itu,  tentang ujian bagi manusia. Pesan yang disampaikan adalah betapa ujian atau cobaan bagi umat manusia sebenarnya merupakan bentuk kasih sayang Allah, tapi tergantung bagaimana kita menyikapi ujian itu. Jika kita selalu sabar dalam menerima ujian pasti akan cepat menemukan jalan keluar karena Allah akan bersama dan menemani orang-orang yang sabar. Hal itu sudah sangat jelas tertulis di Al-Qur’an.

Kembali pada  cerita pengusaha tadi, usaha yang dia jalankan adalah usaha warisan dua generasi. Selama puluhan tahun berbisnis, usahanya belum pernah mempunyai saingan. Suatu ketika, datanglah pesaing yang kuat dalam bisnisnya. Alhasil, omsetnya harus menurun dengan drastis. Sebagai seorang pengusaha dengan riwayat tanpa pesaing sejak awal hal ini tentu menjadi masalah serius.
Ditengah kebingungan pengusaha tadi, hanya satu hal yang dia pakai pegangan. Dia berkeyakinan semua kejadian pasti tidak luput dari kehendak Allah, APA PUN ITU. Termasuk munculnya pesaing yang membuat bisnisnya oleng saat itu. Dengan keyakinan yang mantap, dia mengembalikan semuanya kepada Allah sambil terus berusaha. Dia yakin bahwa Allah maha pengasih dan penyayang serta akan menemani umatnya yang sabar dalam menerima ujianNya.

Keyakinan, kesabaran, dan terus berusaha menemukan jalan keluar yang dilakukan pengusaha ini akhirnya dijawab oleh Allah. Allah mengetuk hatinya untuk segera membuka cabang di beberapa kota. Dan ternyata setelah membuka cabang di beberapa kota, kini omsetnya malah puluhan kali lipat dari sebelumnya. Jika sebelumnya hanya ratusan juta perbulan, kini mencapai 1 Milyar SEMINGGU…!!!

Satu pelajaran penting bisa kita petik dari kisah pengusaha ini. Bahwa Allah memberikan ujian bagi umatnya bukanlah bertujuan memberikan siksaan atau hal jelek. Satu hal yang banyak dibicarakan orang, bahwa dibalik kesulitan pasti ada hikmah didalamnya. Ini terbukti dengan kisah pengusaha tadi.

Coba anda bayangkan seandainya Allah tidak memberi kesulitan dengan memberi pesaing bagi usahanya, pasti pengusaha tadi tidak berfikir untuk secepat mungkin mendirikan cabang di beberapa kota sekaligus. Dan tidak akan mungkin omsetnya saat ini mencapai 1 Milyar hanya dalam waktu seminggu saja….
Semoga kisah ini bermanfaat. Tetaplah berfikir positif. Sukses untuk anda…..