Sabtu, 13 Oktober 2012

MEMPERLUAS RIZQI



Oleh : pak Agus Balung

Kita sebagai manusia membawa sifat terburu buru, itu sudah sifat umum dari manusia.Padahal allah memberikan solusi terhadap semua persoalan yang kita hadapi dengan  SABAR DAN SHOLAT.      Sabar dan sholat saling berkaitan. Orang yang tidak sabar bisa jadi penyabar kalau menjalankan sholat dengan sabar.    Namun sayangnya kebanyakan kita menjalankan agama dengan  niat agar tidak masuk neraka dan untuk meraih surga.   Manusia memang cenderung suka dengan  janji janji yang enak namun bila janji tersebut tak kunjung datang, maka kejenuhanlah yang dialaminya.  Oleh karena itu marilah kita menggali pelan pelan agama kita agar dalam melaksanakan agama tersebut  kita memperoleh kenyataan, bahwa  kenikmatan dan kebahagian sejati bukan hanya di akherat,  namun diduniapun kita bisa dan telah menikmatinya..   KENIKMATAN SEJATI beda dengan KENIKMATAN SEMU.  Kenikmatan semu  inilah yang orang ramai ramai saling berupaya  untuk meraihnya dimasa sekarang.   Apakah tidak boleh,   Boleh boleh saja mengejar hal itu.   Tapi jangan harap akan merasakan kenikmatan sejati.
   Sudah menjadi rumus bila mengejar kenikmatan semu terasa puas beberapa saat dan akan merasa resah lagi untuk meraih kenikmatan semu lainnya.  Dalam kondisi  semacam itu kita bersyukur disaat mendapat kenikmatan namun lupa bersyukur saat hajat belum tercapai.     Kalau mau jujur,  diakui dalam benak,  kita mengatakan BAGAIMANA HARUS BERSYUKUR SEDANGKAN KONDISI HIDUP SAYA MASIH SEPERTI INI  .Atau mengatakan, kamu bisa bersyukur, karena hidup kamu enak, sementara aku.    Itulah ungkapan yang sering terjadi.  Memaknai syukur yang paling gampang,  adalah merasa puas dalam hidup atas segala anugrah Allah.   Jadi ini sudah ada kunci pertama, yaitu menghaturkan rasa puas kepada Allah.  Kita sering terjebak dalam batasan kalimat ucapan. Lesan mengucapkan kalimah syukur namun tidak ada rasa puas dalam perasaan atas semua anugerah Allah.   Maka ketika diberi masukan oleh orang lain ‘Bersyukurlah kamu’ dijawab dg entengnya:wah, tiap hari saya sudah bersyukur mengucapkan hamdallah dan terima kasih ya Allah.     Nah, seharusnya ucapan itu diteruskan ke perasaan merasa puas dengan  segala anugrahnya.Ingat Alloh maha mengetahui termasuk mengetahui perilaku gerak2 didalam batin dan perasaan kita
.Sekarang kita gunakan kunci pertama ini untuk minta solusi pada Allah. Luangkan waktu kita walaupun beberapa menit dengan rileks atau pejamkan mata,  jujurlah pada  diri sendiri dalam batin haturkan rasa puas kepada Allah.  Boleh juga dilakukan dengan sujud yang  rileks,  jangan dengan sujud yang kaku.  Bersujud dulu  jangan tergesa gesa rasakan sampai diri ini benar benar  rileks,  barulah kita panjatkan  rasa syukur tersebut

Lalu berikutnya, diakui atau tidak,  dipercaya atau tidak,  setan selalu ingin kita ini celaka dihadapan Allah. Trik trik setan aneka macam.  Salah satunya dg jalan menyumbat aliran rejeki kita.  Apa tujuanya,  agar manusia mengingkari nikmatnya selalu bingung mencari solusi yang tak kunjung datang.  Disaat bingung mungkinkah manusia bisa bersungguh sungguh dan tenang dalam menjalankan ibadahnya,  jawabannya pasti tidak. Berhasilah setan dg trik triknya. Yang kita maksud setan disini,  setan dari golongan jin bukan setan dari pola pikir diri kita yang buruk.    Ilmu barat tak mungkin mengungkap ilmu dibidang ini. Disamping jujur saja kita lebih berkiblat ke pola pikir ke arah barat dari pada pola ajaran agama dan budaya sendiri. Dunia barat diarahkan unt tidak mempercayai gaib tapi lebih menekankan ke kemampuan pola pikir yang menganggap semua kejadian baik dan buruk berawal dari pola pikir kita sendiri.     Maka menjamurlah wadah wadah  pelatihan motifasi dengan aneka ragam cara dan nama.             
.Bila kita kena godaan setan dimasalah rejeki misalnya, marilah kita buatkan sebuah analogi,  SEBUAH MOTOR YANG SELANG BENSINYA TERSUMBAT KOTORAN,  MAKA BENSIN DARI TANGKI TIDAK BISA MENGALIR, MAMPET.  Motor dan selang ibarat jiwa dan tubuh kita,  Kotoran penyumbat, ibarat setannya.  Mungkinkah motor yang tersumbat selangnya ini bisa berjalan walaupun terisi penuh bahan bakar, jawabannya pasti tidak bisa jalan.
Inilah jawaban bagi kita,  mengapa kita telah mengerjakan berbagai amalan dengan  sabar rejeki belum membaik juga.  Amalan kita ibaratkan bahan bakarnya,  coba lihat ilustrasi motor yang tersumbat diatas.    Langkah yang didahulukan adalah membuang sumbatan dalam selang tersebut.  Atau langkahnya kita minta perlindungan Allah agar setan keluar dari jiwa kita. Tips ini juga untuk yang kesulitan menemukan jodoh. 

 Kebanyakan dari kita biasanya to the point, langsung saja dalam mengamalkan suatu amalan Mengamalkan amalan tentang jodoh, inginnya segera dapat jodoh, melakukan amalan kerejekian, maunya rejeki segera lancar  .Amalan juga maknanya luas tidak  sebatas bacaan. Semua baik dan manjur, mustajabah.  Namun ketika telah sabar melakukan amalan ini dan itu kok hasilnya  biasa biasa saja,  barulah mereka bertanya tanya ada apa,  kenapa, dan sebagainya. .Ada satu yang terlewatkan, yaitu kuatnya gangguan setan.   Dan bila ditilik dari segi ikhlas amalan apapun tidak  ada pengharapan. Namun boleh juga kita mengharap rahmat Allah dalam kehidupan dunia dan akherat.  Berikut ini kami tuliskan amalan untuk memperluas rejeki. Namun ingat kuncinya bukan diamalan ini,  coba pahami dulu uraian diatas. Inilah amalanya  diamalkan 70x   atau seiklasnya.
BISMILLAHIRROHMANIRROHIIM.YAA ALLOH 3X.YAA WAHIDU YAA AHADU YAA JAWWADU YAA BAASITHU YAA KARIIMU YAA WAHHAABU YAA DZAT THOULI YAA GHONIYYU YAA MUGHNII YAA FATTAAKHU YAA ROZAQU YAA ALIIMU YAA HAYYU YAA QOYYUMU YAA ROHMANU YAA ROHIIM YAA BADI’AS SAMAWAATI WAL ARDHI YAA DZAL JALAALI WAL IKROMI.YAA HATTAANU YAA MANNAANU ANFAKHNII MINKA BINAFHATI KHOIRIN TUGHNINII BIHAA ‘AMMAN SIWAAK.(in tastaftikhuu faqod jaa ‘akum ul fatkhu innaa fatakhnaa laka fatkhan mubiina.Nasru minalloh wa fatkhun qoriibun wabasyiril mu’miniin).
ALLOHUMMA YAA GHONIYYU YAA KHAMIIDU YAA MUBDI’U YAA MU’IIDU YAA ROKHIIMU YAA WADUUDU.AGHNINII BIKHALAALIKA ‘AN KHAROMIKA WAGHNINII BI FADHLIKA ‘AMMAN SIWAAKA.WAKHFADHNII BIMAA KHAFIDHTA BIHIDZ DZAKRO WANSHURNII BIMAA NASHORTA BIHIR ROSULA INNAKA ALA KULLA SYAIIN QODIIR.WA SHOLLALLOHU ALA SAYYIDINA MUHAMMADIN WA ALA ALIHI WA SHOHBIHI WA SALLAM. ………….dibaca sebanyak 70x, atau seikhlasnya.
Semoga yang sedikit ini membawa manfaat bagi kita semua. Amin

1 komentar:

as syifa nur alif mengatakan...

Alhamdulillah, dipersilahkan pak.............