Selasa, 23 Oktober 2012

IKHLAS ITU MEMANG MENAKJUBKAN




Oleh : pak Agus Balung

Dalam tulisan saya terdahulu dalam blog ini juga yang berjudul Beda Thariqah dan Ilmu Hikmah  sudah saya sebutkan, bahwa menurut kacamata thariqah, ilmu Hikmah itu bisa menjadi hijab bagi para penempuh jalan sufi. Mengapa demikian, karena kalau kita berdzikir pada Allah agar supaya dapat rizqi yang banyak, maka tujuan berdzikir itu tidak lillahi ta’allah,  karena tujuan  kita adalah agar supaya mendapatkan rizqi yang banyak, nah, ketika kita terbayang akan rizqi yang banyak, maka kita  akan kehilangan Allah, ya kan ?
Nah, untuk memperkuat tulisan saya tersebut diatas, maka berikut ini saya sajikan tulisan dari Saudara saya Sun go kong, yang diposting dalam sebuah kolom comment tanggal 19 Oktober 2012, oleh Rishang Mukthi,  berikut ini tulisannya :

Suatu ketika saya membaca sebuah koment, yang isinya : “Saya sudah lama mencoba mengamalkan amalan tersebut, tapi koq gak ada hasilnya, ya ?”
Dan mungkin masih banyak lagi pertanyaan  yang senada, apa kurang khusyuk, atau bagaimana, dan sebagainya, dan sebagainya

 Disini Saya (penulis ini),  akan menceritakan pengalaman pengalaman saya, tanpa bermaksud ujub. Yang sedikit banyak sudah saya ceritakan di posting Pengalaman mistis.
Banyak dari kita mengamalkan suatu amalan, dzikir, mantra, hanya untuk semata mata  mengejar hikmah saja.  Dengan amalan ini maka kita akan bisa begini, bisa begitu, dan seterusnya dan seterusnya.
Dulu sayapun begitu, saya ingin punya kemampuan ini itu, bisa begini bisa begitu, yah, bisa sakti lah, bisa tampil beda dibanding dengan orang kebanyakan  lainnya. Tetapi ternyata apa yang saya dapat ?    Semakin dikejar, semakin menjauh.  Semakin besar keinginan kita untuk memetik sesuatu, justeru semakin dalam kekecewaan yang didapat.


Sehingga sampai pada puncaknya, saya berkata dalam hati : “Persetan dengan ilmu ilmu itu…!!”.  Lalu sayapun bertekad dalam hati, dzikir, cuma dzikir, yang penting dzikir, titik.  Tidak ada lagi mau begini, mau begitu, hanya dzikir.
Pada titik inilah, justeru terjadi perubahan dalam diri saya. Saya mulai mendapatkan hikmah atas dzikir saya.  Saya mulai bisa melihat alam ghaib,  ini awal hikmah yang saya dapatkan.  Ketika saya tanyakan pada guru, beliau hanya tersenyum, dan berkata : “Nak, itulah ikhlas”

Subhanallah, Ikhlas, satu kata yang sederhana, mudah diucap, ternyata sulit dikerjakan. Lalu kata guru saya selanjutnya : “Itulah buah yang kamu dapatkan, terawangan, itu hanya sekedar buahnya.  Nah, satu pelajaran yang telah kamu dapat, yaitu keikhlasan.    Saat itu, saya begitu takjubnya dengan perkataan beliau, begitu indah ditelinga, begitu berharga pelajaran yang saya dapatkan.
Suatu ketika, guru kedatangan seorang tamu yang minta tolong, bapaknya, yang seorang pejabat, terkena guna guna hingga lumpuh dalam hitungan 3 hari. Gurupun menyuruh saya untuk berangkat kerumah orang yang sakit itu. Sayapun patuh pada guru, berngkatlah saya, padahal hikmah yang saya dapatkan Cuma baru bisa melihat yang ghoib saja, tidak lebih. Sebelum berangkat saya dipanggil guru ke musholahnya. Beliau berkata : “ Nak, berangkatlah kamu kesana, tapi ingat, kalau kamu mengandalkan ilmu kamu, mengandalkan dzikir kamu, saya pastikan 90 % kamu akan mati. Tapi kamu harus berangkat, dan ingat lagi, saya tidak akan menolongmu. Kalau kamu tidak mau berangkat,  maka saya yang akan membunuhmu”
Mendengar perkataan guru, berbagai macam perasaan campur aduk jadi satu, dalam hati saya berkata : “Guru koq kejam amat sih, menyesal saya berada disini, berguru padanya.”
Dengan perasaan yang tidak menentu saya terpaksa berangkat ketempat orang yang sakit. Berada ditempat orang yang sakit saya cuma bingung dan bingung dengan berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh keluarga pasien, dan oleh hal hal lainnya. Hari pertama dan kedua tidak terjadi apa apa, disitu saya cuma berdzikir dan dzikir mohon pertolongan Allah. Pada hari ketiga, saat saya shalat dhuhur, saya merasa dibelakang saya ada sesuatu yang mengamati saya, dan memang benar. Begitu selesai shalat saya melihat ada satu makhluk yang luar biasa besarnya, saya hanya sebesar jempol kakinya, dia memandang saya dengan marah. Tiba tiba makhluk itu menggenggam tubuh saya, hingga saya tak bisa bernapas, sakit seluruh tubuh saya, begitu takutnya saya, apakah saya akan mati ?
Saya mencoba menerapkan dzikir saya, tapi anehnya makhluk itu malah tertawa dan berkata : “Apa yang kamu baca, aku sudah amalkan ratusan tahun, percuma !”
Hati dan pikiran saya jadi gelap mendengar perkataan makhluk itu, kalau sudah demikian adanya saya harus bagaimana lagi, apa yang harus saya perbuat, kenapa guru tidak mau menolong saya, mengapa guru menginginkan saya mati. Berbagai pertanyaan muncul dalam hati saya.

Sampai pada titik klimaks ketakutan saya, saya bersumpah serapah pada mkhluk itu : “Ayo  bunuh aku !  semua orang pasti mati, sekarang mati besok juga mati,  ayo cepat bunuh aku !!”
Tapi anehnya, makhluk itu malah melepaskan saya, dan menjauh,  dari  wajahnya terpancar ketakutan yang amat sangat. Sayapun heran kenapa ini bisa terjadi. Saya sudah tidak takut lagi pada makhluk itu, saya tidak takut mati, sayapun menemukan pencerahan.  Inilah yang ditakutkan  oleh makhluk itu,  ketika rasa takut saya hilang, berganti dengan rasa pasrah pada dzat yang Maha Kuasa,  shalatku, hidup dan matiku hanya untuk Allah semata, oleh karena itu terserah Allah kapan mau mengambil aku, kapan saja. Itulah kuncinya.  Kemudian saya mencoba membaca Basmallah dengan komposisi batin pasrah, melepas semua ‘ke-egoan’ diri. Dan, apa yang terjadi, tiba tiba makhluk itu lebur menjadi abu, Subhanallah.  Saya tertegun bingung tidak mengerti mengapa ini bisa terjadi, sampai keluarga yang sakit memanggil manggil saya, mereka berkata bapak sembuh dengan tiba tiba.  Allahu Akbar, hanya itu kata yang terucap dari bibir saya.
Hari itu juga saya pulang ketempat guru, sampai disana, kembali guru tersenyum : “Bagaimana nak, apakah kamu mati ?”
Saya ceritakan kembali pada guru apa yang saya alami di rumah pasien dengan detail tak kurang satupun.
Lalu kata beliau : “Satu lagi buah yang kamu dapatkan dari ikhlas dan pasrah.  Hanya itu yang bisa kita lakukan sebagai seorang hamba Allah. Kita pasrahkan hidup kita pada yang memberi  hidup.  Dan satu hal lagi, yaitu sikap penghambaan kita pada Allah, lepaskan sifat ke-egoan kita, karena sesungguhnya kita ini tidak mempunyai daya apa apa.

Semoga yang sedikit ini membawa manfaat pada kita semua, bahwa sikap yang ikhlas dan pasrah hanya untuk Allah semata akan berbuah sesuatu yang sama sekali tak terduga,  kalaupun  toh  karena hikmah kita kebetulan dikaruniai oleh Allah sesuatu yang lebih dari orang kebanyakan, maka ingatlah sesungguhnya kita ini dihadapan Allah makhluk yang lemah dan tidak mempunyai daya, kecuali atas kehendakNya.  


(Sumber  :  Sun go kong, posting by Rishang Mukhti, tgl.19 Oktober 2012)

Tidak ada komentar: